8 Aplikasi Penyimpan Data Offline di Android

      No Comments on 8 Aplikasi Penyimpan Data Offline di Android

Cekandroid.com – Kemajuan teknologi semakin memberikan beragam kemudahan bagi aktivitas manusia. Dalam dunia digital, manusia tidak hanya diberikan fasilitas untuk menyimpan data melalui perangkat memory card saja. Saat ini telah berkembang banyak penyimpan data berupa cloud yang berguna sebagai tambahan akses penyimpanan data. Ada penyimpan data bersifat online yang harus selalu terhubung dengan internet ketika menggunakannya, ada pula penyimpan data offline yang tetap dapat digunakan meskipun tidak terkoneksi internet. Berikut rekomendasi aplikasi penyimpan data offline terbaik.

Rekomendasi 8 Aplikasi Penyimpan Data Offline Terbaik

1. Dropbox

aplikasi penyimpan data offline

Dropbox merupakan salah satu penyimpanan data yang telah digunakan oleh user di seluruh dunia. Dropbox memungkinkan akses data pada cloud meskipun dalam keadaan offline, asalkan data telah terunggah sebelumnya. Anda juga dapat mencadangkan beragam jenis file tanpa harus memakan memori penyimpanan internal pada smartphone. Tentu ini memberikan solusi terbaik jika penyimpanan internal Anda tidak terlalu banyak akibat digunakan oleh sistem. Dropbox juga mempunyai tampilan interface yang mudah digunakan oleh pemula.

2. Google Drive

aplikasi penyimpanan dokumen

Penyimpanan cloud yang diusung oleh perusahaan raksasa Google ini telah digunakan pada perangkat smartphone di seluruh dunia, menjadikannya sebagai penyimpanan data paling populer. File-file yang telah tersimpan di Google Drive tetap dapat diakses meskipun dalam keadaan offline. Hanya saja pada beberapa fitur tidak bisa dioperasikan karena harus tersambung internet, misalnya fitur download. Penyimpanan pada Google Drive relatif aman karena secara berkala Google akan memberikan notifikasi melalui email untuk pengamanan akun.

3. Box

Jika Anda mencari penyimpanan data yang simpel tapi praktis, maka Box adalah jawabannya. Box memungkinkan Anda untuk melakukan back up dan sync data dari perangkat smartphone menuju cloud. Hal ini sangat berguna agar penyimpanan internal smartphone tidak cepat habis. Anda bisa tetap mengakses Box meskipun dalam keadaan offline. Bahkan untuk membuka file film yang tersimpan di dalamnya juga bisa dilakukan walaupun tidak tersambung koneksi internal. Kapasitas penyimpanan yang disediakan mencapai 10 GB dan bisa digunakan secara gratis tanpa pungutan biaya apa pun.

4. IDrive

penyimpanan online gratis

Layanan IDrive menawarkan kapasitas penyimpanan free dengan kapasitas 5 GB. Dalam satu akun IDrive bisa digunakan untuk menyimpan file pada berbagai perangkat mulai dari smartphone android, iOS, bahkan pada PC Windows dan Mac juga bisa. Anda pun akan dimudahkan untuk mengakses file jika ingin membukanya pada perangkat yang berbeda. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai penyimpanan back up data dari media sosial. Meskipun layanan IDrive premium tergolong cukup mahal tapi setara dengan tingkat keamanan dan fasilitas serta fitur yang ditawarkan.

5. One Drive

Aplikasi penyimpan data offline yang memberikan kemudahan akses tanpa terhubung internet salah satunya adalah One Drive. Aplikasi buatan oleh Microsoft ini sebelumnya bernama SkyDrive, sebelum akhirnya diubah menjadi nama One Drive dengan rombakan fitur yang lebih mumpuni. Dengan mendaftarkan akun, Anda bisa mendapatkan drive berkapasitas 15 GB yang dapat dipakai guna menyimpan berbagai jenis file. One drive juga memudahkan transfer data pada sesama perangkat yang menggunakan akun ini.

6. Mega Cloud Storage

Mega Cloud Storage

Mega memberikan penyimpanan data gratis dengan kapasitas besar karena hanya dengan melakukan registrasi akun, Anda berkesempatan menggunakan penyimpanan data sebesar 50 GB tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Mega juga menggunakan sistem enkripsi untuk melindungi keamanan data pengguna yang di sistem pada cloudnya. Selain itu Anda bisa membuka file ketika dalam keadaan offline.

7. Sync 

aplikasi penyimpan data offline

Sync adalah sebuah aplikasi yang menyediakan penyimpanan hingga 5 GB selain penyimpanan internal pada perangkat smartphone. Aplikasi ini menawarkan beragam kelebihan, di antaranya memberikan kemudahan untuk proses sharing dan file di encryption. Selain itu Anda bisa mengakses file di Sync ini kapan pun dan dimana pun.

8. My Cloud

aplikasi penyimpan data offline

My Cloud merupakan sebuah aplikasi buatan dari Western Digital Technologies, Inc. WD ini awalnya fokus pada penjualan harddisk saja namun seiring berjalanya waktu merambah ke sektor Cloud Storage. Aplikasi ini terintegrasi secara langsung dengan penyimpanan data android lain, sehingga memudahkan Anda jika ingin membaca file dari aplikasi cloud lainnya. Dengan fitur auto back up dan re-sync terkini, Anda bisa memastikan file-file penting tetap aman.

Itulah rekomendasi 8 aplikasi penyimpan data offline yang tetap dapat digunakan meskipun tidak terhubung ke jaringan internet. Dengan adanya penyimpanan offline ini, Anda semakin dimudahkan untuk mendapatkan cloud gratis yang berkapasitas besar. Anda dapat menggunakannya sebagai penyimpan beragam file, musik, video, dan lain-lain tanpa harus menghabiskan penyimpanan internal pada perangkat smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *