Cara Menambah RAM Android Tanpa Root Untuk Semua Tipe Hp

Cekandroid.com – Setiap pengguna smartphone pasti ingin mengetahui bagaimana cara menambah RAM android. Hal ini karena semakin besar RAM yang tersedia pada perangkat android, maka kecepatan atau performa android dalam menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya.

Memahami Tentang RAM dan Fungsinya pada Smartphone

Sebelum mengulas lebih jauh tentang langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk menambah RAM, alangkah lebih baiknya apabila Anda memahami terlebih dahulu mengenai RAM serta fungsinya. RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen paling penting pada perangkat, baik smartphone ataupun laptop, dengan fungsi krusial untuk menjalankan proses komputasi pada prosesor. Kemudian, prosesor akan mengolah semua hasil komputasi data yang nantinya akan diteruskan pada RAM sehingga pengolahan data tersebut dapat ditampilkan. Oleh karena itu, semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka kapasitas RAM juga akan berkurang.

Setiap aplikasi yang dijalankan smartphone juga memakan kapasitas RAM yang berbeda-beda tergantung dari grafik hingga besarnya file aplikasi tersebut. Anda sendiri pasti dapat menyadari bahwa aplikasi seperti game yang memiliki grafik halus membutuhkan RAM yang cukup besar, umumnya minimal 2 GB RAM. Selain itu, pemakaian RAM juga dipengaruhi oleh kegiatan multitasking pada smartphone. Jadi semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka semakin besar pula RAM yang dibutuhkan.

Dari penjelasan cara menambah ram android di atas, bukan hal yang aneh apabila produk smartphone belakangan ini mengusung RAM yang cukup besar mulai dari 2 GB hingga 8 GB. Hal ini untuk mendukung performa smartphone agar dapat berjalan secara maksimal.

Inilah Cara Menambah RAM Android Smartphone yang Wajib di Coba

Cara menambah RAM Android dengan bantuan aplikasi sebenarnya dapat dilakukan pada dua kondisi, yakni pada smartphone root dan tanpa root. Pada smartphone yang telah berada pada kondisi root, cara menambah RAM terbilang lebih mudah karena pengguna dapat memperoleh akses penuh untuk melakukan perombakan pada semua aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Baca juga :

Meski demikian, tak semua pengguna android berkenan untuk melakukan root. Pasalnya, rooting android memiliki risiko yang cukup besar bahkan dapat membuat android mengalami bootloop atau mati total. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, cara meningkatkan RAM android yang akan diulas berlaku pada smartphone yang belum diroot. Penasaran cara apa saja yang dapat dilakukan? Jika iya, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Meningkatkan RAM Android dengan “Smart Booster”

Aplikasi pertama yang dapat dimanfaatkan untuk menambah kapasitas RAM adalah “Smart Booster”. Aplikasi yang satu ini ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja RAM sehingga performa smartphone akan menjadi lebih baik. Di samping itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga tidak akan memakan banyak RAM ketika dijalankan. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Unduh aplikasi “Smart Booster” via Google Play Store.
  2. Install dan jalankan aplikasi.
    Cara menambah ram android
  3. Pilih tombol ‘Start Now’ pada icon roket.
    Cara menambah ram android
  4. Masuk pada menu setting/pengaturan dan pilih ‘Boost Level’. Pada bagian ini, Anda dapat memilih beberapa level booster RAM seperti Gentle, Medium, Strong, dan Aggressive.
    Cara menambah ram android
  5. Untuk meningkatkan performa RAM dalam tingkat maksimal, langsung saja pilih level Aggressive.
    Cara menambah ram android
  6. Masih berada pada menu yang sama, centang tulisan ‘Boost When Screen Off’ serta tulisan ‘Delay to Boost When Screen Off’.
    Cara menambah ram android
  7. Kembalilah pada menu utama aplikasi dan klik gambar roket untuk memulai proses peningkatakan kapasitas RAM smartphone android Anda.
  8. RAM Android Anda akan semakin lega dan cara menambah ram android pun berhasil.

Meningkatkan RAM Android dengan “RAM Control eXtreme Pro”

Cara menambah ram android yang kedua, manfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama “RAM Control eXtreme Pro” yang dapat Anda dapatkan di Google Play Store. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi “RAM Control eXtreme Pro” dan install pada smartphone.
    cara menambah ram
  2. Buka aplikasi lalu masuklah pada menu RAM Booster untuk menambah kapasitas RAM android.
  3. Setelah itu, pilih menu ‘Boost’ agar aplikasi ini dapat berjalan selama beberapa waktu ketika android digunakan.
    cara menambah ram android
  4. Pilih tab ‘Task Killer’ untuk menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak begitu Anda butuhkan. Pada bagian ini, Anda juga dapat sekaligus menonaktifkan semua aplikasi bawaan smartphone android yang tidak dapat dinonaktifkan melalui menu pengaturan smartphone.
    cara menambah ram
  5. Langkah terakhir, masukkan semua aplikasi yang menurut Anda tidak dibutuhkan ke dalam ‘White List’ atau daftar aplikasi yang dinonaktifkan.
    cara menambah ram

Cara menambah RAM android yang satu ini memang terbukti ampuh karena aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone dapat dimatikan secara permanen. Selain itu, umumnya ketika smartphone dinyalakan, beberapa aplikasi bawaan smartphone akan ikut aktif dan memakan RAM sehingga menjadikan smartphone lemot.

Baca juga :

Meningkatkan RAM Android dengan ‘Swapper’

Cara menambah RAM android yang selanjutnya yakni memanfaatkan aplikasi ‘Swapper’. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Swapper memiliki fungsi untuk menciptakan sebuah RAM virtual dalam mengolah data pada proses komputasi. Adapun langkah-langkah menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Unduh aplikasi ‘Swapper’ via Google Play Store atau melalui internet browser dalam bentuk .apk
    Cara Menambah RAM Android Tanpa Root
  2. Install aplikasi pada smartphone dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Di dalam aplikasi, aktifkan menu “Active Swap on Boot”. Di dalam menu ini, pilih “Swap File Position” lalu pilihlah SD Card FAT Partition.Beralih pada menu “Swap File Size”, masukkan jumlah RAM yang Anda inginkan pada smartphone Anda. Sekedar informasi, sebaiknya jumlah RAM yang dimasukkan tak melebihi 100% dari RAM asli smartphone. Misalnya RAM asli smartphone adalah 2 GB, maksimal RAM virtual adalah 1 GB. Hal ini bertujuan agar smartphone tidak mengalami kelebihan beban yang akan menyebabkan lemot, baterai boros, hingga cepat panas.
    Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Dengan menggunakan aplikasi “Swapper”, Anda tak perlu lagi melakukan root hanya karena ingin mengatur RAM smartphone.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah RAM pada smartphone android. Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka Anda tak perlu lagi khawatir mengalami smartphone lemot meskipun menjalankan aplikasi berat sekalipun. Semoga ulasan mengenai cara menambah RAM android di atas bermanfaat bagi Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *