3 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Semua Tipe Android

Cekandroid.com – Cara menghapus aplikasi bawaan android memang bukanlah hal yang mudah, terutama bagi mereka yang masih awam dalam hal tersebut. Sebenarnya apa yang disebut dengan aplikasi bawaan android? Kenapa aplikasi bawaan tersebut harus dihapus meskipun smartphone tidak mengalami error? Lantas bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan smartphone android agar tidak terjadi error? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang nantinya akan diulas pada kesempatan kali ini.

Sekedar informasi, sebagian besar aplikasi bawaan yang ditanamkan pada sistem android memiliki peran yang cukup penting dalam menjalankan setiap perintah pada smartphone. Oleh karena itu, Anda tak boleh sembarangan menonaktifkan atau menghapus aplikasi bawaan tersebut agar smartphone Anda tidak mengalami masalah.

Baca juga :

Meski demikian, tak sedikit juga vendor smartphone yang menyematkan aplikasi bawaan berupa game ataupun aplikasi lain yang menjadikan kapasitas memori penyimpanan smartphone penuh. Inilah salah satu hal yang menyebabkan pengguna smartphone android harus menonaktifkan atau menguninstall aplikasi bawaan tersebut agar memori penyimpanan semakin lega. Di samping itu, semakin banyak aplikasi bawaan yang terpasang pada smartphone, semakin banyak pula source RAM yang akan digunakan.

Sebenarnya, aplikasi bawaan smartphone android tidak dapat dihapus. Pengguna smartphone hanya dapat menonaktifkan aplikasi tersebut. Meski demikian, ternyata aplikasi bawaan smartphone Android juga dapat dihapus dengan tiga cara, yakni dengan menghapus aplikasi langsung melalui smartphone, memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga, dan menghapus aplikasi dalam kondisi smartphone telah di-root.

Langkah Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

cara menghapus aplikasi bawaan

Menghapus aplikasi bawaan smartphone Android tanpa root memang terlihat mustahil dilakukan. Pasalnya sistem smartphone kebanyakan tidak akan mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi tersebut karena beberapa alasan. Meski demikian, cara menghapus aplikasi bawaan android dapat dilakukan pada vendor smartphone tertentu. Oleh karena itu, Anda harus mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah aplikasi bawaan pada smartphone Anda dapat dihapus atau tidak. Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Buka smartphone dan pergi ke menu setting/pengaturan.
  2. Kemudian pilih menu aplikasi/apps/aplications yang terdapat di dalam menu pengaturan. Di sana, Anda akan melihat berbagai aplikasi yang terpasang pada smartphone.
  3. Setelah itu, klik aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan atau hapus. Sekedar informasi, untuk aplikasi bawaan android, ciri-cirinya adalah hanya terdapat 2 pilihan yang muncul pada aplikasi tersebut, yakni ‘Disable’ dan ‘Force Stop’.
  4. Selanjutnya tap tombol ‘Disable’ untuk menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Namun jika aplikasi itu tidak dapat dihapus, maka cobalah tap tombol ‘Force Stop’ terlebih dahulu. Hal ini karena kemungkinan aplikasi tersebut masih berjalan di latar belakang sehingga harus dihentikan terlebih dahulu.
  5. Kemudian sekali lagi klik ‘Disable’ lalu tekan OK.
  6. Aplikasi bawaan smartphone android telah berhasil dihapus.

Baca juga :

Sebagai catatan, terkadang aplikasi yang telah dihapus tersebut akan kembali berjalan seperti semula begitu Anda tersambung ke Wifi. Untuk mengatasi hal tersebut, cukup matikan update otomatis aplikasi smartphone via Google Play Store. Dengan begitu, meskipun Anda telah tersambung ke Wifi, aplikasi yang telah dihapus tak akan berfungsi kembali.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

cara menghapus aplikasi bawaan

Cara menghapus aplikasi bawaan android yang juga dapat dilakukan adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini, terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah CCleaner. Aplikasi ini memang khusus dirancang untuk memudahkan pengguna android yang ingin menghapus aplikasi bawaan smartphone. Di samping itu, CCleaner juga berfungsi sebagai pembersih cache atau berkas sampah yang masih tertinggal di smartphone. Adapun langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi CCleaner dari Google Play Store Disini ataupun APK yang didapatkan dari internet.
  2. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih menu Option yang berada di bagian kiri atas aplikasi, kemudian pilih ‘App Manager’.
  4. Pada bagian ini, Anda dapat melihat beberapa aplikasi yang dikategorikan menjadi tiga, yakni Installed, System, dan Disabled. Installed menunjukkan aplikasi apa saja yang terinstall pada smartphone. System menunjukkan aplikasi yang mendukung fungsi dari smartphone dan merupakan aplikasi bawaan smartphone. Sedangkan pada kategori Disabled, Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang telah dinonaktifkan.
  5. Dengan begitu, maka pilihlah tab System yang di dalamnya terdapat aplikasi bawaan dari smartphone.
  6. Sentuh aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan kemudian klik gambar tong sampah yang letaknya berada di bagian kanan bawah. Sekedar informasi, sebaiknya jangan memilih aplikasi dengan logo Android karena apabila aplikasi tersebut dihapus, maka terdapat kemungkinan smartphone Anda akan mengalami kegagalan sistem.
  7. Langkah terakhir, apabila muncul Pop Up, pilih ‘Reboot Now’ untuk menghapus aplikasi tersebut secara permanen.

Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan CCleaner di atas dapat dilakukan oleh berbagai smartphone mulai dari Asus, Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan lain sebagainya. Hal ini karena aplikasi CCleaner dapat didownload secara resmi via Google Play Store.

Baca juga : Cara Mengetahui Unfollowers Instagram Dengan Aplikasi

Cara Menghapus dan Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Smartphone dengan Root

cara menghapus aplikasi bawaan

Cara menghapus aplikasi bawaan android yang berikut ini hanya dapat diterapkan oleh smartphone yang sudah dalam kondisi root. Sekedar informasi, root merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pengguna android agar dapat melakukan akses penuh pada smartphone tanpa takut dibatasi oleh ketentuan sistem android tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi ‘System App Remover’ di Google Play Store Disini. Aplikasi ini memang dapat didownload oleh semua smartphone, baik yang sudah dalam kondisi root atau tidak. Namun ketika digunakan, hanya smartphone yang telah di-root saja yang dapat memanfaatkan fitur-fiturnya.
  2. Setelah menginstallnya, buka aplikasi tersebut. Umumnya akan muncul Pop Up notifikasi SuperSU yang meminta akses root. Cukup klik ‘Grant’ atau ‘Izinkan’.
  3. Pilih aplikasi bawaan smartphone yang ingin Anda hapus. Anda dapat memilih beberapa aplikasi sekaligus yang dianggap tidak begitu penting fungsinya.
  4. Selanjutnya klik ‘Uninstall’.
  5. Ketika muncul Pop Up, klik ‘Yes’.
  6. Tunggu hingga proses uninstall aplikasi-aplikasi tersebut selesai.
  7. Aplikasi bawaan smartphone Android pun berhasil dihapus.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang jarang digunakan, RAM smartphone akan terasa lebih lega sehingga performa smartphone Anda akan lebih optimal. Semoga ulasan tentang cara menghapus aplikasi bawaan android di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *